Tips Dan Trik Tentang Flash Disk

Posted: September 20, 2008 in Komputer
Tag:

Banyak orang yang bingung dan bertanya2 tentang segala hal yang berkaitan dengan flash disk.

Ketika saya googling saya menemukan beberapa topkl yang bagus (umum,penting dan mudah dipahami). Akhirnya karena sekaligus bagi ilmu supaya nambah pahala (di bulan puasa..),saya putuskan untuk nulis ini.

Ini saya ambil dari beberapa blog yang saya kunjungi sebagian ada yang hanya saya kutip saja, istilahnya dirangkum gitu (kita bagi2 ilmu ya…hehe,thanks untuk sumber yang blognya di co pas..)

A. sumber: http://raidavista.blogspot.com/2007_05_01_archive.html

  1. Sebelum membeli FlashDisk, lihat dulu sifatmu gimana, maksudnya apakah kamu tu termasuk orang yang ceroboh atau bukan, kalo Anda termasuk orang yang ceroboh, saya sarankan Anda beli FlashDisk yang berbahan karet, jadi kalo tidak sengaja jatuh FlashDisk Anda akan minim terjadinya kerusakan, contohnya FlashDisk berbahan karen merk A-data. Sedangkan jika Anda bukan orang ceroboh Anda bisa membeli FlashDisk segala merk(sesuai budget di dompet Anda).
  2. Usahakan membeli FlashDisk yang memiliki password di dalamnya, jadi apabila FlashDisk Anda hilang data-data pribadi Anda tidak akan bisa di buka oleh sembarang orang, contohnya FlashDisk yang memilik Password didalamnya merk Pqi serie U339S.
  3. Sekarang harga FlashDisk sudah murah, tapi Anda jangan tertipu dengan harga murah yang ditawarkan oleh pemilik toko, usahakan ketika membeli FlashDisk, merk FlashDisk tersebut sudah dikenal Anda, sehingga kualitas FlashDisk tersebut bisa dipastikan bagus. Jangan kayak teman saya karena tergiur dengan harga murah, dia membeli produk tersebut, karena harga murah FlashDisk tersebut tidak dijual tanpa pembungkus, kalo gini bener-bener meragukan bukan kualitasnya.
  4. Ketika membeli FlashDisk pilih yang memiliki High Speed USB 2.0, dsedangkan USB 1.0 biasanya kalo connect ke komputer agak sulit. Dengan High Speed USB 2.0 kecepatan transfer data ke PC akan menjadi lebih cepat.
  5. Biasanya ketika membeli FlashDisk selain harga, kita pasti akan mempertimbangkan masa garansi dari FlashDisk tersebut(termasuk saya), sekali lagi jangan terkecoh dengan masa garansi yang diberikan pemilik toko, biarpun mengatakan garansi sampai 10 tahun. Soalnya ketahanan FlashDisk berkisar antara 2-4 tahun.

B. sumber:http://mumtazanas.wordpress.com/2008/02/28/hati-hati-beli-flashdisk/

Berikut ini tips membeli flashdisk,

  1. Jangan tertipu dengan harga murah, lebih baik anda mengedapankan kualitas.
  2. Coba dulu, jika tidak memungkinkan anda harus memastikan bahwa barang bisa ditukar serta mudah bagi anda untuk mengganti barang tersebut ke tempat anda membeli jika terjadi kerusakan (garansi).
  3. Pastikan isinya juga (kapasitas/ukurannya) dan tidak tidak ada bad sector. Coba software gratisan ini (HDDScan) untuk mendiagnostik. (mumtazanas)

Media penyimpanan USB Flash Drive seringkali ngadat tak mau dilepas secara aman dari komputer. Seperti diinformasikan dari PCWorld, berikut beberapa tips praktis untuk mengatasinya.

1. Manfaatkan ‘Task Manager’

Seringkali ketika akan dilepas dari komputer, terdapat pernyataan USB Flash Drive tak aman dicopot. Jika Anda sudah menutup semua program dan USB Flash Drive tetap ngadat tak mau dilepaskan, cobalah memakai aplikasi ‘Task Manager’.

Tekan ‘Ctrl-Alt-Delete’ secara bersamaan untuk memunculkan ‘Task Manager’ di Windows XP. Kemudian klik tab ‘Processes’. Setelah itu, periksalah detail proses-proses komputasi yang sedang terjadi di sini.

Jika terdapat proses yang kira-kira berasal dari USB Flash Drive, pilihlah proses tersebut kemudian tekan ‘end process’. Kemudian, cobalah untuk kembali melepaskan USB Flash Drive.

2. Alternatif Lain

Namun jika dengan cara di atas USB Flash Drive tetap dinyatakan tak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa diambil yaitu:

– Matikan komputer kemudian cabut USB Flash Drive tersebut.

– Atau Anda bisa menempuh risiko dengan langsung saja mencabut USB Flash Drive. Langkah ini dinilai tak menimbulkan masalah jika USB Flash Drive dicopot saat seluruh programnya telah ditutup. Namun tiada jaminan Flash Drive Anda aman dengan cara ini.

3. Pakai Software ‘USB Safely Remove’

Anda juga bisa mencoba versi trial software bernama USB Safely Remove. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab USB Flash Drive tak mau dilepas, kemudian menunjukkan solusinya. Hanya saja jika Anda ingin memiliki software ini secara permanen, Anda harus membayar sejumlah uang.

Sumber: Detik – PC World

D. sumber:http://mumtazanas.wordpress.com/2008/01/27/trik-bukan-tips-pengaman-file-di-flashdisk-dan-sejenisnya/

Trik (bukan Tips) Pengaman File di Flashdisk dan Sejenisnya

Sebuah trik yang sudah lama tapi sedikit yang tahu.

Kebanyakan virus/worm lokal menggunakan flashdisk sebagai tempat perantara untuk menginfeksi komputer satu dengan yang lainnya. Ada tips mencegah flashdisk terinfeksi virus tapi mahal, yaitu mengganti dengan flashdisk yang support U3.

Ternyata ada trik (bukan tips) yang bisa dilakukan agar file-file di flash disk aman dari serangan virus. Sebuah trik yang didapat dari forum ansav.com, dari user yang bernama : ::a2i3s::

Caranya: buat sebuah folder dan beri nama dengan awalan berupa karakter-karakter spesial ASCII (cara dilakukan dengan menekan alt tahan lalu 3 angka di bagian num lock lepaskan). Contoh

alt + 123 = {
alt + 234 = Ω
alt + 235 = δ

dan lain-lain

Lihat gambar di bawah

FolderProteksi

Klik untuk memperbesar

Disisi lain ada kelemahan bagi antivirus lokal, isi dari folder tersebut terlewat untuk di-scan.

E. sumber:http://gandos84.multiply.com/reviews/item/6

Tips & Trik Merawat Flash Disk

Well, berikut ini ada tips bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan benar, antara lain :
1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk kamu berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama ya?
2. Jangan Terkena Air
Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang, mendingan tidak ambil resiko kan?
3. Virus Scan
Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flash disk kamu bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.
4. Proses Eject atau Stop
Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan di dalamnya lho.
5. Jauhkan Dari Tempat Panas
Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.
6. Hindari Benturan Keras
Coba rasain kalau kamu jatuh dari lantai 12, kamu bisa jadi harus masuk rumah sakit atau bahkan masuk ke rumah masa depan. Begitu juga dengan flash disk. Jadi jagalah flash disk kamu baik-baik dari benturan keras ya.
7. Tutuplah selalu.
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup biar nggak kotor, jangan malah diilangin tutupnya!
8. Minimalisir proses hapus-tulis
Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk

F. sumber : dari saya sendiri

Cara Menghilangkan Write Protected pada Flash Disk (media traveler):

dengan menggunakan DOS system.

1. Masuk ke DOS Prompt Windows XP dan ketik CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v:)

2. Selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba anda buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive V: adalah DEL V:*.*

3. Sekali lagi anda coba format dengan perintah Dos Promt. Format V:

4. Jika gak bisa kamu gunakan cara melalui Computer Management dan lihat volume drive V, dan anda coba format. Bila masih terdapat pesan error lakukan boot pada computer.

Yaps semua netter di seluruh negri dan blogger yang tulisannya saya kutip,thanks ya!! Semoga berguna!!

sampaikanlah walau hanya satu ayat:

14. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri[875], lalu mereka pun berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran.”

[875]. Maksudnya: berdiri di hadapan raja Dikyanus (Decius) yang zalim dan menyombongkan diri.(Al Kahfi ayat 14)
Komentar
  1. puz mengatakan:

    peh buagus!!!!
    isa nambah pengetahuan aq!!!!
    thankz brow

  2. arief mengatakan:

    sy lupa password pada install block dan bagaimana cr membuka password pada usb lock apv5. passwordx jg lupa. makasi atas balasannya.

  3. randi mengatakan:

    nice artikel…
    visit my blog at r4nd1b13.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s